Kegemukan Bisa Memicu Tumor Payudara

Kegemukan Bisa Memicu Tumor PayudaraSeringkali, para wanita ketakutan ketika mendengar penyakit kanker atau tumor payudara. Salah satu yang paling tidak ingin wanita alami selain kanker serviks, kista dan kemandulan. Tumor payudara, dapat berujung pada pembendahan payudara!. Selain gaya hidup yang tidak sehat, beberapa study mengatakan faktor pemicu dari tumor adalah kegemukan atau obesitas. Hal ini perlu kita ketahui untuk pencegahan dari penyakit kanker atau tumor payudara yang ganas.

Tentang kegemukan atau obesitas sebenarnya memiliki banyak potensi untuk terserang penyakit, seperti kanker. Cancer Prevention Institute of California dan Rutgers Cancer Institute of New Jersey meneliti pengaruh obesitas terhadap tubuh yang dapat memicu terjadinya tumor atau kanker. Hasilnya, obesitas mengakibatkan hormon estrogen yang tinggi. obesitas atau kelebihan berat badan 31% beresiko kanker payudara.

Kadar estrogen yang tinggi bisa dipengaruhi oleh timbunan lemak dalam tubuh, kelebihan estrogen mendorong pertumbuhan kanker payudara.

Cancer Research di inggris memperkuat dugaan obesitas sebagai salah satu pemicu terjadinya kanker payudara. Penelitian yang dilakukan memberikan penjelasan bahwa kelebihan berat badan merupakan penyebab utama kanker payudara setelah rokok dan alkohol. Fakta lain menyatakan, kegemukan menjadi pemicu kanker payudara bagi mereka perempuan yang masuk masa menopause. Untuk itu, gaya hidup sehat dan pola makan harus kita jalani sebagai pencegahan dari kanker payudara serta bertahan hidup sehat bebas dari penyakit kronis.